Tuesday, June 28, 2016

Membuat Konten Unggulan yang Mampu Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Peringkat 1 di Search Engine

Konten Unggulan cover
Ini salah paham paling umum dalam SEO:
Banyak yang berpikir mereka bisa mendapatkan peringkat 1 dengan mengandalkan backlink dari komentar blog, social bookmark, article directory, dan sejenisnya.
Biasanya saya istilahkan backlink submit-submit.
Pertanyaan seperti ini sering muncul dari pemilik website: “Saya sudah blogwalking, submit ke social bookmark dofollow, tapi kok belum peringkat 1 juga ya?”
Ya karena memang manfaatnya sangat kecil.
Parahnya lagi, kalau kita men-submit terlalu banyak — hingga ratusan/ribuan — justru website kita bakal terkena penalti.
Ha. Bukannya jadi peringkat satu tapi malah kena hukum.
Lalu backlink seperti apa yang bisa menjadikan website kita di peringkat 1 tanpa kena penalti?
Ini jawabannya:
Backlink yang diberikan oleh pemilik website lain.
Sampai di sini mulai bingung, pesimis, “Mana ada sih pemilik website lain yang mau ngasih backlink ke website saya?”
Itulah tujuan dari panduan ini.
Anda akan belajar konsep ‘konten unggulan’ yang bisa mendapatkan backlink berkualitas secara natural. Sehingga aman dari penalti dan bisa mendapatkan peringkat 1.

Mengapa sulit mendapatkan backlink?

Mari kita bedah dulu:
Alasannya, karena konten anda salah sasaran.
Saya jelaskan…
…misalnya anda punya website tentang diet. Pengunjungnya adalah orang-orang yang ingin belajar diet.
Masalahnya, 99% dari mereka tidak punya website.
Orang yang tidak punya website tidak akan bisa memberikan backlink. Meskipun mungkin mereka menganggap website anda bagus.
Masuk akal?
Nah, orang yang punya website tentang diet seperti anda punya pengetahuan di atas orang rata-rata. Mereka akan menganggap konten anda biasa saja.
Linker punya selera lebih tinggi
Inilah yang saya maksud dengan salah sasaran.
Kita terbiasa membuat konten hanya untuk memuaskan para pengunjung biasa, orang-orang yang baru belajar, dan yang tidak punya website.
Jadinya mereka yang bisa memberikan backlink (linker) tidak terkesan.
Padahal kalau kita ingin membuat konten yang bisa mendapatkan backlink secara natural, kita harus bisa membuat para linker terkesan.
Konten unggulan


Dalam panduan ini, kita akan belajar membuat konten unggulan.
Apa itu?
Dalam dunia pertanian, kita kenal dengan istilah bibit unggul. Artinya bibit yang hasilnya bagus, buahnya besar, dan tumbuhnya cepat.
Bibit ini akan banyak digunakan oleh petani di ladangnya masing-masing.
Itulah konsep konten unggulan.
Konten yang luar biasa. Konten yang mampu membuat para linker memasang linknya di halaman website mereka. Sehingga menghasilkan “buah” berupa backlink untuk anda.

Apa yang bisa membuat para linker memberikan backlink?

Kita sudah tahu mengapa kita tidak mendapatkan backlink. Sekarang kita gali kira-kira apa yang bisa membuat konten kita mendapatkan backlink.
Yang pertama, jelas, kontennya harus membuat linker kagum.
Tapi masih ada lagi.
Secara umum, linker akan merekomendasikan artikel anda kalau:
  • Topiknya menjelaskan lebih lanjut terhadap suatu konsep yang mereka tulis di website-nya sendiri
  • Jauh lebih berkualitas daripada seluruh konten yang pernah ada. Sehingga lebih diutamakan daripada konten lain yang sejenis
  • Isinya membahas tentang mereka, atau mereka ikut berpartisipasi
  • Konten tersebut bisa bermanfaat bagi audience mereka
  • Anda kenal dengan mereka
  • Konten anda mengandung elemen pemicu popularitas
Tidak harus memenuhi semuanya, tapi lebih banyak lebih bagus.
Sekarang pertanyaan terbesarnya…

…bagaimana cara membuat konten unggulan?

Langkah 1 – Temukan linker di bidang anda

Kalau website anda di bidang teknologi, carilah linker di bidang teknologi. Jangan mencari yang bidangnya berbeda, mereka tidak akan peduli.
Jadi begini strategi kita:
  1. Cari linker, lihat konten mereka seperti apa
  2. Buat konten yang jauh lebih bagus
  3. Jalin hubungan dengan mereka
  4. Backlink!
Oke, ini terlalu saya sederhanakan…
…tapi kira-kira itu alasan kenapa kita perlu mencari linker.
Tadi sudah kita bahas pengertian dan siapa linker itu, tapi sebetulnya bisa dijabarkan lagi.
Inilah yang termasuk linker:
  • Blogger
  • Penulis artikel di website lain
  • Jurnalis, penulis berita
  • Seleb Twitter (orang yang punya banyak follower)
Mereka inilah orang-orang yang mampu memberikan link bagi konten anda atau melakukan share kepada orang banyak di social media.
Untuk menemukan linker yang sesuai dengan anda sebanyak-banyaknya, lakukan 4 cara berikut.

Lakukan pencarian di Google

Lakukan pencarian di Google dengan kata kunci:
  • Blogger [niche] Indonesia
  • Blog [niche]
  • Artikel [niche] terbaik
Misalnya website anda tentang fashion, maka gunakan kata kunci “Blogger fashion Indonesia”.
Anda akan menemukan hasil seperti ini:
Blogger fashion

Situs komunitas, social media, dan social bookmarking

Blogger yang cerdas tahu bahwa ketiga jenis situs tersebut adalah tambang emas untuk mengembangkan website.
Maka dari itu  anda akan bertemu banyak pemilik blog baru.
Blogger baru juga biasanya lebih terbuka ketika diajak berkomunikasi. Anda juga bisa sama-sama belajar.
Berikut komunitas yang bisa anda coba:
  • Facebook Groups
  • Google+ Communities
  • Kaskus
  • Citizen6 Liputan6
  • Log Viva

Cari akun Twitter yang punya banyak follower

Gunakan tool gratis bernama Followerwonk.
Tool ini berguna untuk menemukan akun Twitter populer berdasarkan kata kunci. Dalam 1 klik kita bisa menemukan para seleb Twitter.
Klik “Search bios” kemudian lakukan pencarian seperti gambar:
Followerwonk
Untuk niche berbahasa Inggris (misalnya “fashion”) gunakan kota-kota besar di Indonesia untuk menemukan orang Indonesia.
Kalau tidak, maka yang muncul justru akun bule.

Cari website yang memasang link ke linker

Orang-orang yang sudah anda temukan di atas pasti sudah punya beberapa backlink. Kita akan mencari orang-orang yang memasang link ini.
Dengan demikian daftar kita semakin besar.
Pertama, silahkan menuju ke Open Site Explorer. Atau gunakan Ahrefs kalau anda punya akun premium-nya, lebih bagus lagi.
Masukkan website yang sudah anda temukan.
Ubah link type jadi only follow
Ubah di bagian Link Type menjadi ‘only follow’ (kotak kuning).
Inilah website-website yang memasang link kepada linker. Yang artinya, mereka juga adalah linker.
Setelah melakukan keempat langkah ini, catat semuanya dalam Google Sheets atau Excel. Oh ya, abaikan website yang sudah tidak di-update selama setahun.

Langkah 2 – Pikirkan ide konten yang menarik bagi mereka

Coba dibayangkan kasus ini:
Saya punya konten berjudul “17 cara menghilangkan jerawat” apa mungkin para linker merekomendasikan artikel ini di website mereka?
Tidak mungkin..
Bagi pembaca yang membutuhkan, artikel itu sangat berguna. Tapi bagi seorang linker, artikel ini tidak cukup untuk membuat mereka kagum.
Selain itu, ngapain juga pasang link ke artikel jerawat. Ya kan?
Itulah pentingnya topik.
Meskipun isinya luar biasa, tapi kalau topiknya salah maka tidak akan ada yang merekomendasikan konten tersebut.
Pahami dulu maksud kalimat-kalimat di atas.
Memilih topik itu rumit. Tapi untungnya, ada suatu metode yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan ide topik.
Namanya STEPPS.
Topik anda harus merupakan salah satu dari STEPPS ini:
  1. Social currency: bisa membuat mereka bangga atas identitasnya
  2. Triggers: langsung terpikirkan ketika seseorang berbicara tentang sesuatu
  3. Emotion: bisa membangkitkan perasaan
  4. Public: topik yang populer atau sedang hangat
  5. Practical value: isi dari topik itu bisa dipraktekkan
  6. Story: kisah seseorang atau kejadian yang berhubungan dengan mereka
Itulah STEPPS.
Ketika sedang mencari ide untuk topik konten unggulan, pastikan topiknya memenuhi salah satu dari 6 syarat tersebut.
Sebagai contoh, panduan SEO ini.
Panduan tersebut terdiri dari 6 bab, merupakan panduan terlengkap tentang SEO di Indonesia saat ini. Jadi ketika ada yang ingin belajar SEO, panduan tersebut akan direkomendasikan (Triggers).

Cara mendapatkan ide topik

Anda sudah tahu cara memeriksa topiknya, dengan STEPPS tadi. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana mencari ide untuk topik konten unggulan anda.
Ini beberapa cara yang bisa anda coba:
  1. Lihat website milik linker. Buat konten yang topiknya mirip atau berhubungan dengan apa yang sudah mereka tulis, tetapi bobotnya harus lebih tinggi.
  2. Situs komunitas. Temukan permasalahan utama yang paling sering dihadapi oleh anggota komunitas, buat konten yang menyelesaikan permasalahan mereka.
  3. Lakukan pencarian di Google dengan memasukkan topik utama untuk mendapatkan topik yang lebih spesifik.
  4. Gunakan BuzzSumo atau Ahrefs Content Explorer untuk melihat konten-konten terbaik dalam suatu topik.
  5. Ikuti proses mendapatkan ide tulisan di WhattoWrite.org.
  6. Baca panduan mencari topik konten ini.
Setelah dapat idenya, pastikan memenuhi salah satu dari STEPPS.
Ingat, pemilihan topik adalah bagian terpenting dari konten unggulan. Karena itu, jangan remehkan tahapan ini.
Saya pribadi selalu sebisa mungkin punya tampungan ide topik, semuanya saya catat di Trello:
Perencanaan Konten dengan Trello

“Niche website saya terlalu sempit. Tidak ada linker dan topik yang pas untuk niche ini!”

Ini permasalahan utama orang-orang ketika membuat konten unggulan.
Beberapa bulan yang lalu seorang pembaca PanduanIM menghubungi saya. Ternyata dia punya bisnis penyewaan scaffolding, jadi dia ingin membuat konten seputar scaffolding.
Sulit kan…mana ada website besar yang niche nya scaffolding.
Ada jalan keluarnya!
Manfaatkan niche tetangga.
Maksudnya, scaffolding itu kan di industri konstruksi. Di dalam industri konstruksi, ada banyak website dengan topik rumah, arsitektur, sipil, dan lain-lain.
Niche tetangga itu yang bisa kita manfaatkan.
Contoh lain, anda memiliki bisnis penjualan kosmetik dan ingin mendapatkan traffic dengan cara membuat konten unggulan. Tetapi, di Indonesia jarang (atau tidak ada) blog tentang kosmetik.
Anda bisa membuat konten yang menyilangkan antara kosmetik dengan niche lain.
Perhatikan contoh berikut ini:
  • Kosmetik & Fashion: kosmetik yang cocok untuk jenis fashion tertentu
  • Kosmetik & Wedding: teknik makeup untuk wedding
  • Kosmetik & Kesehatan: pengaruh kosmetik terhadap kesehatan kulit
  • Kosmetik & Karir: tips makeup ketika wawancara kerja
  • Kosmetik & Travel: tips membawa kosmetik secukupnya ketika berlibur
(Ngomong-ngomong, saya bukan ahli kosmetik jadi mungkin di contoh ini ada topik yang kurang masuk akal)
Dengan ini, niche yang sempit bisa menyentuh berbagai niche lain yang lebih besar. Sehingga semakin banyak linker yang relevan dengan anda.
Terakhir untuk tahap 2:
Dalam pembuatan konten, yang tidak boleh anda lewatkan sama sekali adalah judulnya. Percuma topiknya bagus, tapi judulnya tidak menarik.

Langkah 3 – Lakukan riset untuk membuat konten yang berbobot

Membuat konten itu mudah, tapi untuk membuat konten unggulan yang berkualitas supaya mendapatkan backlink, anda harus melakukan riset.
Jarang ada koten berkualitas yang isinya langsung keluar dari kepala begitu saja. Kalau anda membuat konten seperti ini, hasilnya jadi dangkal dan berantakan. Pasti.

Jadi, silahkan lewatkan langkah ini kalau anda ingin kontennya sia-sia.

Ada 1 kesalahan yang paling umum…
…kalau anda melakukan kesalahan ini, konten anda tidak akan pernah mendapatkan backlink, apalagi masuk ke halaman 1 Google.
Ini dia kesalahannya:
Meniru isi artikel dari website lain.
Bukan, bukan copy-paste duplikat konten. Artikelnya ditulis ulang…tapi poin-poin pembahasannya persis sama dengan artikel aslinya atau hanya diacak urutannya.
Memang akhirnya Google tidak menganggap ini sebagai duplikat, tapi kita sebagai manusia sadar bahwa artikel tersebut hanya ditulis ulang.
Tidak ada informasi baru di dalamnya.
JANGAN pernah lakukan kesalahan tersebut.
Dalam konten unggulan, kita harus membuat linker kagum dengan konten kita. Kalau poin-poin isi dari artikel anda tidak unik dan asli, mustahil tujuan ini tercapai.
Sekali lagi, jangan.
Buatlah konten yang benar-benar asli, bukan tulis ulang. Kumpulkan bahan tulisan dari riset, kemudian susun menjadi artikel baru.

Menggunakan metode KTP untuk melakukan riset

Saya paham bahwa tidak semua dari kita adalah orang super pintar yang bisa menciptakan sesuatu yang 100% baru. Demikian pula dengan konten.
Termasuk saya…
…hampir semua materi di PanduanIM sebetulnya sudah ada di internet.
Yang saya lakukan hanya mengumpulkan semua materi dalam topik yang sama, disusun agar lebih terstruktur, dan ditambahkan ide baru.
Itulah tahap awal dari metode KTP — cara termudah untuk membuat konten berkualitas dalam topik apapun yang anda inginkan.
Singkatnya seperti ini:
  1. Kumpulkan > 5 konten dalam topik sejenis, pelajari
  2. Catat kelebihan, kelemahan, dan elemen yang unik dari masing-masing konten
  3. Susun struktur konten baru yang menutup semua kelemahan tadi

Langkah 4 – Buat konten terbaik dari bahan riset

Saya yakin, kalau anda membuat konten yang benar-benar berkualitas pasti tidak cukup hanya dalam sehari.
Butuh proses.
Kalau cuma menulis artikel ngawur sih 2000-3000 kata sehari selesai.
Tapi karena dalam pembuatan konten unggulan kita melakukan riset dan membuat strukturnya, maka paling tidak akan memakan waktu 2 hari.

Mengapa perlu membuat kerangka?

Kerangka tidak penting kalau konten anda dangkal, sekali jalan langsung selesai.
Tapi konten yang berbobot perlu.
Lihat saja artikel yang sedang anda baca ini, terdiri dari beberapa sub-bab dan sub-sub-bab.
Kalau semuanya ditulis sekaligus, wah bakal kacau.
Jadi, kerangka konten bertujuan supaya susunan konten anda tertata rapi sehingga enak untuk disimak oleh pengunjung.
Selain itu, kerangka juga bertujuan untuk mengurangi kesalahan.
Lagipula tidak sulit…
Salah satu artikel yang saya buat sebelumnya, teknik SEO, kerangkanya hanya seperti ini:
Kerangka teknik SEO
Artikel tersebut panjangnya sekitar 3000 kata, jadi akan sangat susah kalau kita menulis langsung tanpa membuat kerangka terlebih dahulu.

Ngomong-ngomong, tentang panjang artikel…

Pada tahun 2012, Moz melakukan penelitian terhadap konten yang mereka terbitkan di blognya.
Ini hasilnya:
Konten panjang cenderung mendapatkan lebih banyak backlink daripada konten pendek.
Ini grafiknya:
Korelasi panjang artikel dan jumlah backlink
Lihat, semakin panjang artikelnya semakin banyak linknya.
Meskipun tidak selalu menjamin, tapi ini poin penting yang bisa anda pertimbangkan.
Oleh karena itu, ketika memilih topik, pilihlah yang bisa dibahas secara panjang. Bukan topik yang singkat.
Kemudian bahas hingga tuntas, kalau perlu buat dalam beberapa bab.
Kita sudah mengetahui bahwa ada potensi yang sangat besar di balik sebuah artikel panjang. Jangan sia-siakan energi anda untuk membuat artikel yang dangkal.
BONUS: [content_upgrade id=1124]Klik disini untuk mempelajari[/content_upgrade] cara membuat struktur artikel terbaik, dari judul sampai penutup.

Tapi kenapa artikel panjang backlink-nya banyak?

Sebetulnya bukan karena panjangnya, melainkan karena bobot pembahasannya.
Coba pikirkan:
Kalau anda hanya bisa membaca 1 artikel sehari, pilih mana…yang dibahas secara lengkap, atau yang sekedarnya?
Pasti yang lengkap.
Itulah mengapa artikel panjang cenderung lebih mendapatkan banyak rekomendasi berupa link. Bukan semata-mata karena panjang, tetapi karena berbobot.

Ada lagi penelitian dari SERPIQ terhadap panjang rata-rata konten yang ada di halaman pertama Google.
Ini hasilnya:
Panjang artikel
Halaman 1 dipenuhi oleh artikel 2000-2500 kata.

Meningkatkan peluang konten untuk mendapatkan backlink

Masih ada lagi selain panjangnya.
Ada beberapa faktor yang akan meningkatkan atau justru mengurangi peluang konten anda untuk mendapatkan backlink.
Ini hal-hal yang harus anda hindari:
  1. Unsur-unsur penjualan produk
  2. Affiliate link
  3. Iklan yang terlalu banyak
  4. Salah tulis dan tata bahasa yang berantakan
  5. Desain berantakan
  6. Banyak basa-basi
  7. Formatnya tidak enak untuk dibaca
Masih ingat STEPPS tadi?
S yang pertama, Social Currency, artinya kita sebagai manusia cenderung melakukan share terhadap sesuatu yang membuat kita sendiri bangga.
Kalau konten anda mengandung 7 hal tadi, justru bikin malu.
Sebaliknya, hal berikut justru meningkatkan peluang anda:
  1. Foto/gambar original. Minimal screenshot atau grafik
  2. Referensi ke artikel atau website lain yang terpercaya
  3. Memiliki data
  4. Link ke website linker
Saya ingin tekankan pada poin keempat…
Ada yang namanya hukum timbal balik (Law of Reciprocity).
Seseorang akan lebih mungkin untuk melakukan suatu hal positif untuk kita apabila kita melakukan hal positif terlebih dahulu kepada mereka.

Maka dari itu saya menyarankan anda untuk memasang link ke website milik linker anda duluan sebelum berharap mendapatkan backlink.


Langkah 5 – Lakukan distribusi konten kepada linker

Dalam tahap ini kita akan memberitahu keberadaan konten kita kepada linker.
Peringatan:
Jangan pernah lakukan tahapan ini kalau anda belum punya konten yang memenuhi semua kriteria yang sudah disebutkan.
Saya jabarkan lagi secara singkat…
…konten anda harus:
  • Topiknya memenuhi salah satu STEPPS
  • Dalam bidang yang sama dengan linker
  • Memiliki kualitas terbaik dibanding konten lain
Kalau belum, jangan lakukan tahap ini karena akan berdampak negatif terhadap reputasi anda sendiri.
Oke, ada 2 tujuan distribusi konten yang berbeda:
  1. Mendapatkan share (ke social media)
  2. Mendapatkan backlink
Berbeda tujuan, berbeda cara yang dilakukan.
Normalnya, kita ingin mendapatkan backlink. Sudah pasti. Tapi bukan berarti kita bisa mengabaikan share ke social media.
Meskipun share ke social media tidak mempengaruhi SEO, tapi konten anda akan dilihat oleh banyak orang. Orang-orang ini kemungkinan akan menjadi linker.
Jadi, share ke social media pun bisa jadi backlink secara tidak langsung.
Sebelum memasuki tahapan utama, ada baiknya anda mencoba mendapatkan perhatian dari linker terlebih dahulu dengan cara:
  • Follow akun Twitter/Facebook-nya,
  • Share kontennya,
  • Tinggalkan komentar di blognya (jangan spam)
Setelah itu, kita perkenalkan konten kita dengan cara berikut:

1. Minta input dari linker melalui email/social media

Konsepnya begini…
…supaya linker mau merekomendasikan konten anda, maka mereka harus tahu keberadaan konten anda.
Jadi kita beritahu mereka.
Tapi kalau anda langsung mengirim email yang isinya “Pak pasang link ke artikel saya dong!”, pasti ditolak. Pasti, 100%.
Maka dari itu kita butuh alasan.
Alasan supaya mereka mau membuka dan membaca konten anda.
Yaitu dengan meminta masukan dari mereka.
Misalnya, anda membuat artikel bertopik “21 manfaat buah jeruk”. Minta kepada linker untuk ikut berkontribusi di artikel tersebut dengan memberikan 1 manfaat.
Kemudian masukkan input dari mereka di artikel.
Setelah diterbitkan, beritahu mereka lagi ketika artikel tersebut sudah diterbitkan. Maka mereka akan merekomendasikan artikel anda.
Ini contoh artikel yang menggunakan teknik ini dalam versi ekstrem:


2. Post ke situs komunitas dan social media yang tepat

Situs komunitas merupakan tempat terbaik untuk mendistribusikan konten karena di dalamnya sudah otomatis ada banyak orang yang siap membaca konten anda.
Situs komunitas dan social media merupakan sumber dari segala hal yang menjadi viral.
Kalau anda punya konten yang bagus, gunakan social media untuk mendistribusikan.
Tapi ingat, jangan lakukan spam dan jangan post ke komunitas yang topiknya tidak sesuai. Anda tidak akan mendapatkan manfaat apapun.

3. Lakukan 13 cara promosi konten ini

Sebelumnya, saya sudah membuat panduan khusus untuk mempromosikan konten.
Ketigabelas cara ini akan membuat konten anda mendapat lonjakan traffic hingga lebih dari 2x lipat.
Hasil distribusi

4. Lakukan link building

Kata siapa kalau kita bermain White Hat SEO tidak bisa melakukan link building?
Justru backlink yang kita dapatkan secara etis inilah yang akan membuat konten kita kokoh berada di peringkat atas hasil pencarian Google.

…Siap jadi lebih unggul?

Selain PanduanIM, saya punya beberapa blog lain.
Blog-blog tersebut sampai saat ini menjadi blog terbesar di bidangnya masing-masing berkat keberadaan dari konten unggulan.
Anda pun bisa, setelah menerapkan teknik ini.
Lupakan teknik backlink submit-submit yang memakan banyak waktu dan beresiko tinggi.

Sekarang saatnya beralih ke konten unggulan.


No comments:

Post a Comment